Post Icon

cinta kasih


Cinta kasih
Terkadang manusia sangat mencintai dirinya sendiri, bila seseorang sudah sangat mencintai dirinya sendiri, maka yang terjadi adalah seseorang ini akan menjadi pribadi yang sangat egois, dimana ia hanya menginginkan hal-hal baik pada dirinya tangpa mememikirkan orang lain. Sebenarnya cinta pada diri sendiri tidaklah sepenuhnya salah bila  tidak berlebihan.
Selain cinta pada diri sendiri, manusia juga mempunyai rasa cinta pada sesama, sebagai contoh adalah rasa cinta kasih orang tua kepada anaknya dan sebaliknya, lalu kakak kepada adiknya atau pun sebalknya, lalu rasa kasih antara teman atau sahabat. Dengan cinta kasih kepada sesama kita sebagai individu akan terhindar dari egoisme, karena rasa kasih itulah kita tidak akan tega apabila menyusahkan orang yang kita kasihi, lalu kita sebagai individu yang percaya akan Ketuhanan, tentu akan mempunyai rasa cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, rasa cinta ini biasanya diwujudkan dalam bentuk menaati semua perintahnya dan menjauhi semua hal-hal yang dilarangnya.
rasa cinta kasih juga bisa terjalin antara pria dan wanita, rasa cinta kasih ini lain dengan  rasa cinta kasih antara orang tua dengan anak, atau sesama teman. Rasa cinta kasih ini lebih kepada hubungan asmara. Hubungan asmara ini dapat dirasakan oleh sepasang kekasih ataupun sepasang suami istri.
Rasa cinta kasih semacam ini menimbulkan suatu perasaan yang apabila salah satu diantaranya pergi maka salhsatunya lagi akan sangat berduka atau sedih, singkat kata , dengan rasa cinta yang mendalam maka sepasang kekasih tidak akan terpisahkan.
Sebagai contoh yaitu kisah tragedy roro mendut dan prono citro, yaitu setelah roro mendut menyaksikan lelaki yang sangat ia cintai meninggal didepan matanya, mak ia sangatlah berduka dan putus asa, maka dari itu roromendut memutuskan untuk bunuh diri menyusul pronocitro. Karena roro mendut berpikir buat apalagi dia hidup apabila kekasih hatinya yang selama ini membuatnya bertahan dari segala cobaan hidup telah tiada. Dari cerita diatas dapatlah terlihat keagungan dari cinta. Namun apabila seseorang terlalu mengobral cintanya maka nilai dari cintanya itu akan rusak.
Rasa cinta yang mendalam dari seseorang dapat dilihat dari puisi dibawah ini.
Kekasihku
cinta akan memudar
 jika kita melihatnya dengan mata
mungkin hati akan luka dan menangis dalam sakit
itulah mengapa aku meningalkan mu tanpa katakan cinta
dan hanya untuk itu, akan aku sembunyikan air mata sedih ini
selamat tinggal …
selamat tinggal ...
jangan kau lupakan aku
bahkan jika aku hidup untuk satu detik saja
hatiku hanya untukmu
dan bila aku dapat hidup untuk seribu tahun
akulah sibodoh yang akan selelu mencintaimu
itulah mengapa aku meningalkan mu tanpa katakan cinta
dan hanya untuk itu, akan aku sembunyikan air mata sedih ini
selamat tinggal …
selamat tinggal ...

Dalam puisi ini si aku tahu bahwa umurnya tidak akan lama lagi, dan dia tidak mau kekasihnya tau akan hal itu karena ia tau bahwa kekasihnya sangatlah mencintainya, dan akan sangat sedih apabila ia tahu bahwa ia akan pergi untuk selama-lamanya. Siaku disini digambarkan sangat mencintai kekasihnya dari potongan puisi “bahkan jika aku hidup untuk satu detik saja, hatiku hanya untukmu” dan “dan bila aku dapat hidup untuk seribu tahun, akulah si bodoh yang akan selelu mencintaimu”.

Rasa cinta yang sangat besar di satu pihak juga akan mendatangkan suatu duka dan rasa kecewa apabila cintanya tak terbalaskan.  Namun terkadang rasa cinta sering disalah artikan oleh segelintir orang, segelintir orang-orang itu beranggapan bahwa cinta itu selalu identik dengan pemuasan nafsu, namun cinta sesungguhnya  adlah rasa sayang dan saling menyayangi  dan juga rasa saling ingin melindungi satu sama lain dalam keadaan apapun. Dan apabila ada seserang yang mengatasnamakan cinta untuk memuaskan nafsu bejat, maka seseorang itu dapat dipastikan tidak memiliki cinta yang tulus kepada pasangannya. Maka dari itu kenalilah sebaik baiknya cinta anda, dan jagalah cinta anda dengan sebaik baiknya jika cinta itu berharga untuk anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar