Post Icon

arti keindahan


KEINDAHAN
Keindahan, Tuhan menciptakannya agar manusia mengerti tentang hal tersebut, dan belejar agar membuat segalanya menjadi indah. Sebenarnya apa itu arti dari kata ‘keindahan’, keindahan artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keindahan dapat dibagi menjadi keindahan seni, alam, moral, intelektual. Keindahan pada dasarnya tidak ada ukurannya atau bisa dikatakan abstrak. Nilai dari keindahan di mata seseorang tentu saja dapat berbeda-beda tergantung dari sudut  mana seseorang tersebut melihatnya.
Keindahan dapat kita nikmati dengan seluruh panca indra kita, dan dapat kita rasakan dengan perasaan dan dapat kita nilai atau mengerti dengan akal pikiran kita. Contoh, keindahan dari lukisan-lukisan karya Raden Saleh yang dapat kita nikmati lewat indra penglihatan kita, lalu misalnya keindahan suatu instrument music yang dapat kita nikmati dengan indra pendengaran kita, kemudian wangi semerbak bunga yang kita bisa rasakan dengan indra penciuman kita, dan sebagainya.
Lalu keindahan yang dapat kita rasakan dengan hati lalu kita nilai dengan akal pikiran kita contohnya adalah kepribadian seseorang. Seseorang yang mempunyai keadaan fisik sempurna dan indah namun kepribadiannya tidaklah baik itu belum tentu dinilai oleh semua orang bahwa dirinya tersebut indah atau baik, karena tidak semua orang menilai seseorang dari keadaan luar saja, seperti kata pepatah “ janganlah menilai suatu buku hanya dari sampulnya saja”, yang artinya janganlah menilai seseorang dari keadaan luarnya yang terlihat.
Keindahan juga bisa dipandang dari sudut pandang romantisme, seperti   dalam puisinya kahlil Gibran yaitu “ aku mencintaimu dengan sederhana ...”, itu adalah kata-kata pengakuan cinta dari seseorang yang sangat indah sari sudut pandang yang lain. Keindahan juga memerlukan keserasian, khususnya pada karya seni, apabila keserasian tersebut ada sebagai salah satu unsurnya, maka kata keindahan tersebuat akan dilontarkan orang-orang yang menikmatinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar