Post Icon

MANUSIA DAN CINTA KASIH


MANUSIA DAN CINTA KASIH

 

A.    PENGERTIAN CINTA KASIH
Menurut kamus bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadaminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih artinya perasaan sayang aatau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih adalah perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Cinta memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta adalah landasaN dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan antar   masyarakat yang akrab. Demekian juga cinta pengikat antara manusia dan Tuhannya.
Pengertian tentang cinta dating dari Dr Sarlito W. Sarwono. Dikatakan bahwa cinta memiliki tigaunsure, yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Keterikatan adalah adanya perasaan untuk bersama, sedangkan keintiman adalah kebiasaan atau tingkah laku yang menunjukan sudah tidak ada jarak lagi, dan sedangkan kemesraan yaitu rasa ingin membelai atau dibelai, rasa rindu, ucapan-ucapan sayang dan sebagainya.
  Hikmah cinta : 
1.       Cinta adalah ujian yang berat  dalam kehidupan, karna setiap cinta mengalami rintangan.
2.       Cinta yang telah mengikat jiwa manusia dan membagkitkan manusia untuk melestarikan kehidupan lingkungan.
3.       Cinta merupakan factor utama kelansungan hidup manusia.
4.       Cinta menjadi pengikat paling kuat dalam hubungan keluarga, masyarakat, mengasihi mahlik hidup.
  
B.    CINTA MENURUT AJARAN AGAMA

Cinta diri
Cinta diri yang erat mendorong manusia  untuk tetap hidup, mengembangkan potensi diri,  dan mengaktualisasikan diri

Cinta kepada sesama manusia
Sebagai manusia kita tidak boleh hanya mencintai diri sendiri, tetapi  menyeimbangkan cintanya dengan cinta dan kasih sayang kepada orang lain, bekerja sama dengan member bantuan kepada orang lain.

Cinta seksual
Cinta erat kaitanya dengan dorongan seksual. Sebab ialah yang bekerja melestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerjasama antar suami istri dan merupakan factor primer bagi kelangsungan hidup keluarga.
Dorongan suksual  sangatlah penting, karna dari dorongan seksual tersebut dapat memprtahankan kelangsungan keturunan.

Cinta kebapakan
Menurut fisiologi modern, bahwa dorongan kebapakan bukanlah dorongan fisologis, melainkan dorongan psikis. Dorongan seperti ini terdapat sumber kesenangan dan kegembiraan, sumber kekuatan dan kebanggaan

Cinta kepada Tuhan
Puncak cinta manusia, yang paling bening, jernih dan piritual ialah cintanya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kerinduannya kepada-Nya. Tidak hanya dalam ibadah, pujian, dan doanya saja tetapi juga dalam semua tingkah lakunya. Selain itu cinta kepada Tuhan akan senantiasa memdorong diri  pada perilaku terpuji dan mencintai sesama  makhluk  Tuhan yang lainnya.

C.     KASIH SAYANG

Pengrtian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah  perasaan sayang, perasaan cinta atau suka kepada seseorang. Dalam kasih sayang sadar atau tidak dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang utuh.
Kasih sayang merupakan dasar komunikasi dalam keluarga, adanya kasih sayang mempengaruhi kehidupan anak dalam masyarakat. Dari cara pemberian kasih sayang dapat dibedakan :
i)                    Orang tua bersifat aktif, si anak pasif.
ii)                   Orang tua bersifat pasif, si anak aktif.
iii)                 Orang tua bersifat pasif, si anak pasif
iv)                 Orang tua bersifat aktif, si anak aktif.

D.      KEMESRAAN

Kemesraan berarti perasaan simpati yang akrab. kemesraan ialah hubungan yang akrab antara pria dan wanita. Kemesraan dasarnya adalah perwujudan kasih sayang mendalam.
Kemampuan mencinta member nilai hidup kita, dan menjadi tolak ukur keberhasilan evolusi kita. Maka dari itu dapat kita lihat betapa agungnya  dan sucinya cinta itu.

E.     PEMUJAAN

Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, karena pemujaan ini adlah inti dari kehidupan yang dijalani selama hidup.

F.     BELAS KASIHAN

Cinta dibedakan menjadi tiga macam, yaitu cinta kepada Tuhan, cinta kepada bapak ibu dan saudara, dan cinta kepada lawan jenis.
selain itu ada cinta kepada sesama, dan cinta ini diistilahkan belas kasihan. Cinta semacam ini mengandung arti yang luas. Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berahlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia menggugah potensi tersebut itu. Dalam esai on love pengertian cinta adalah rasa persatuan tanpa syarat. Itu artinya rasa belas kasihan tidak terkandung unsure pamrih.
a.       Cara menumpahkan belas kasihan
Berbagai macam cara orang memberikan belas kasihan tergantung situasi dan kondisi. Ada yang mmberikan uang, barang, makanan, pakaian, bahkan Pangeran Sidharta menyatakan belas kasihannya kepada rakyat dengan cara meninggalkan istana dengan cara menjadi biksu.

G.    CINTA KASIH EROTIS

Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih antar orang-orang yang sama-sama sebanding, sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang-orang yang lemah tanpa daya. Dan berlawanan dengan kedua jenis cinta kasih tersebut ialah cinta kasih erotis, yaitu kehausan akan penyatuan yang sempurna.
Pertama-tama cinta kasih erotis kerap kali dicampurbaurkan dengan pengalaman jatuh cinta, tetapi kemesran yang tiba-tiba ini pada hakekatnya hanya sementara saja. Untuk mereka intimitas atau kemesraan itu terutama diperoleh dengan cara hubungan seksual.
Keinginan seksual menuju kepada penyatuan diri, tetapi sekali-kali bukan merupakan nafsu fisik belaka, untuk meredakan ketegangan yangmenyakitkan. Keininan seksualdapat distimulus, dirangsang oleh ketakutan karena sepi, oleh keinginan menaklukan dan menaklukan, bahkan keinginan memusnahkan. Bagi kebanyakan orang keinginan seksual senantiasa disamakan dengan gagasan cinta kasih, mereka mudah terbawa kesimpulan yang salah bahwa mereka sadang menngasihi dan mencintai satu sam lain, padahal mereka hanya menginginkan secara fisik.
Dalam cinta kasih erotis terdapat eksklusivitas yang terdapat dalam cinta kasih persaudaraan dan cinta kasih keibuan. Cinta kasih itu eksklusif, tetapi dalam cinta kasih kepada seseorang  itu sekaligus dicintai dan dikasihinya seluruh kemanusian, semua yang hidup.
Cinta kasih erotis apabila ia benar-benar cinta kasih, mempunyai satu pendirian, yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwa yang sedalam-dalamnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar